Saturday, March 16, 2013

Check list perlengkapan pesta

Apakah anda sebentar lagi akan melangsungkan pesta pernikahan? biasanya si pemilik pesta (pengantin) terlalu sibuk dengan urusannya sendiri sehingga lupa beberapa perlengkapan pesta pernikahan yang harus disediakan atau harus terjamin ketersediaannya.Untuk sekedar mengingatkan berikut ini adalah beberapa check list hal-hal  pesta pernikahan yang harus ada:
  1. Pengantin (mempelai), pastikan bahwa pasangan anda dalam keadaan sehat :) sebab tanpa ada dia maka pesta pernikahan dan ijab qabul tidak akan bisa dilangsungkan.. heheh.
  2. Wali nikah, ini juga dipastikan kesehatannya... ya.
  3. Kepastian jadwal berdasarkan persetujuan dengan pihak KUA
  4. Tempat nikah, pastikan lokasi pernikahan (ijab qabul) benar-benar stand by untuk hari H.
  5. Kondisi anda sendiri, sama halnya dengan kesehatan pasangan anda maka anda juga harus benar-benar dalam kondisi prima.
  6. Mahar, jika anda mempelai wanita ingatkan pasangan anda tentang mahar pastikan sudah terbungkus dengan rapi dan diletakkan di tempat yang mudah diingan dan dijangkau.
Sealin hal-hal yang perlu ada diatas jga ada beberapa yang harus anda periksa (check) kondisinya, terutam menyangkut perlengkapan pesta pernikahan berikut ini:
  1. Pakaian nikah, baik itu pakaian anda sendiri maupun pakaian pasangan anda. Hal ini sebaiknya sudah direncanakan jauh hari sebelumnya untuk kelancaran pernikahan. (pria: baju kemeja putih, jas, celana dan peci. Wanita; gaun / baju pengantin/ wedding dress baik untuk acara nikah maupun pesta adat)
  2. Cincin kawin, pastikan ke toko perhiasan (jewelery) bahawa cincin nikah anda sudah pasti selesai 3 hari sebelum hari H.
  3. Undangan, yang perlu di-check dalam hal ini adalah model undangan, waktu seleseai, jumlah lembaran undangan, waktu penyebaran dan penanggung jawabnya.
  4. Dokumentasi, hubungi photo studio yang akan anda gunakan untuk acara pernikahan anda dan pastikan kebersediaan mereka, minta no HP/ telepon yang dapat dihubungi.
  5. Penyewaan pelaminan (penyedia pelaminan), ini juga harus benar-benar anda pastikan kesiapan mereka jauh hari sebelum hari H. Sanagt penting sebab sering sekali ada kasus keterlambatan pihak penyewaan pelaminan dalam mempersiapkan perlengkapan pernikahan.
  6. Katering, jika pada pesta pernikahan anda menggunakan jasa katering pastikan menu yang anda inginkan dan pastikan kesiapan mereka jauh hari sebelum hari H.
  7. Cindramata atau aksesoris pernikahan yang akan dibagikan pada tamu yang akan hadir. Pastikan sudah jadi seluruhnya maksimal 2 hari sebelum hari H.
Jika perlengkapan pernikahan tersebut sudah dicheck dengan benar dan kondisinya bisa dipastikan dalam keadaan baik dan tersedia maka mudah-mudahan acara pernikahan anda akan lancar. Walaupun urusan pesta sudah diserahkan pada panitia pesta pernikahan ada baiknya anda sebagai pemilik pesta memastikan segala hal yang diperlukan dalam pernihana. 

No comments:

Post a Comment